Aplikasi SIMRS ( Aplikasi Rumah Sakit)

Setiap  Rumah sakit wajib melakukan pencatatan dan peloparan tentang semua kegiatan penyelenggaraan Rumah Sakit dalam bentuk SISTEM INFORMASI MANAJEMEN RUMAH SAKIT berdasarkan UU Nomor 44 Tahun 2009,tentang Rumah Sakit yaitu pasal 52 Ayat 1.

Komponen-komponen yang ada dalam sistem harus dapat bekerja sama dan saling mendukung untuk mencapai tujuan dari suatu sistem informasi pada suatu organisasi.

Yang terdiri dari :

Organisasi (struktur organisasi, peraturan2 tentang tata hubungan kerja, tugas dan tanggungjawab, kompensasi, reward, punishment, dan yang terpenting adalah Sumber Daya Manusia (SDM), termasuk komitmennya). Manajemen (strategi, kebijakan, desain kebutuhan, integrasi kebutuhan, prosedur manajemen, prosedur pemeliharaan, aturan pengelolaan, sosialisasi, pelatihan, monitoring dan motivasi bagi pengguna dll). Teknologi Banyak orang salah menafsirkan bahwa IT adalah Sistem Informasi. Padahal IT itu hanya salah satu bagian dari sesuatu yg lebih kompleks yang disebut Sistem Informasi. Beberapa hal yang termasuk dalam kategori teknologi dalam suatu sistem informasi, antara lain : software, hardware, database, jaringan LAN/WAN, internet, website dll).

Penerapan SIMRS di rumah sakit adalah keharusan agar didapat suatu tata kelola manajemen Rumah Sakit yang baik dan dapat di pertanggungjawabkan.
Rumah Sakit mempunyai Pasien dan Pegawai sebagai subject dari aktivitas di Rumah Sakit. Setiap pasien mempunyai data pasien seperti nama, alamat, tempat tanggal lahir dan lain-lain. Pegawai Rumah Sakit disamping mempunyai nama, alamat dan seterusnya juga memiliki data,mulai pangkat,dan seterusnya. Informasi yang didapat pasien dan karyawan haruslah Valid dan Konsisten, untuk menjaga agar tetap valid dan konsisten haruslah dibuat sistem yang mampu menjaganya.

Informasi bukan hanya terkait antara Pasien dan Karyawan RS tetapi yang berkaitan dengan Rumah Sakit,misalnya pembayaran pasien, Rekam Medis, Pembukuan RS dan lain-lain. Sumber Informasi yang demikian banyak tersebut,harus dikelola dengan rapi dan baik,agar pengelolaan Rumah Sakit bisa ditingkatkan menjadi Rumah Sakit yang unggul dan profesional.Penerapan SIMRS di Rumah Sakit akan membuat semua informasi Rumah Sakit tetap valid dan konsisten,mudah di akses dan dikelola,sehingga manajemen Rumah Sakit dapat menentukan yang terbaik buat Rumah Sakit tersebut.

TOPOLOGI ARUS DATA

SOLUSI SIM-RS

SIM-RS VIPERTEK  adalah aplikasi berbasis web,yang ditunjuk untuk memperbaiki pengelolaan data Rumah Sakit agar data Rumah Sakit dan informasi bisa ditata dengan baik dan dapat di pertanggungjawabkan.

KEUNTUNGAN SIM-RS

  1. Dapat memantau perkembangan Rumah Sakit secara akurat
  2. Dapat meningkatkan pelayanan dibidang kesehatan kepada masyarakat secara akurat.
  3. Rumah Sakit tersebut dapat terpantau secara langsung oleh lembaga-lembaga dari luar atau dalam Negeri secara akurat, sehingga mempermudah akses bagi lembaga tersebut jika akan memberikan informasi serta mempermudah akses jika ingin memberikan dana.
  4. Dapat menyimpan data base Rumah Sakit mulai dari Pasien, Karyawan yang terdiri dari Data Rumah Sakit, data administrasi,data Aset Rumah Sakit dan lain-lain
  5. Dapat mengangkat brand image Rumah Sakit tersebut secara tidak langsung dengan memiliki fasilitas modern
  6. Dapat mengurangi beban kerja sub-bagian rekam medis dalam menangani berkas rekam medis,Bagian Rekam Medis memang sub-bagian yang paling direpotkan mulai dari coding,indexing,filling dan lain-lain.Sebagian Rumah Sakit di Indonesia masih mengggunakan petugas Rekam Medis ataupun kurir dalam mendistribusikan berkas-berkas ke masing-masing pelayanan
  7. Dapat mengurangi pemakaian kertas.

Pemakaian kertas masih belum bisa dihilangkan di Indonesia karena data medis sangat rentan dengan hukum dan akan memporakporandakan perdagangan kertas di Indonesia . Dengan sistem yang terkomputerisasi, pemakaian kertas yang bisa di pangkas antara lain :

  • Lembar kertas Rekam Medis yang tidak berhubungan dengan
    masalah Autentikasi atau aspek hukum
  • Laporan masing-masing unit pelayanan ( karena semua laporan
    telah terekap oleh sistem )
  • Rekap Laporan ( RL ) 1-6 yang dikirim ke dinas Kesehatan.
  • Menghasilkan pelaporan keuangan rumah sakit yang dapat di pertanggung jawabkan.

Sistem Informasi Manajemen Rumah Sakit VIPERTEK Sudah Terdaftar pada HAKI ( Hak Kekayaan Intelektual ) Departemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indoesia, Nomer :C00201104668

Daftar Modul SIMRS

A. Modul Registrasi & Informasi

√ Registrasi pasien baru
√ Registrasi pasien lama
√ Pendaftaran Poliklinik
√ Modifikasi data registrasi
√ Pendaftaran pindah poli
√ Konsul Polikliniik Lain
√ Monitoring data registrasi
√ Daftar registrasi harian
√ Mencari data pasien berdasarkan nama, alamat
√ Informasi ruang rawat inap
√ Informasi kamar kosong dan terisi
√ Laporan peserta per debitur
√ Pasien baru per instalasi
√ Informasi biaya pelayanan
√ Data/Grafik pasien RJ per Poliklinik
√ Data/Grafik pasien per Kecamatan
√ Data/Grafik pasien per Kabupaten

B. Modul Pelayanan

1. 1. Instalasi Rawat Jalan
√ Informasi Pasien
√ List data pasien
√ Isi Diagnosa Poliklinik
√ Isi tindakan poliklinik
√ Isi dokter poliklinik
√ Check out poliklinik

1. 2. Instalasi Rawat Inap
√ Informasi Pasien
√ List data pasien
√ Registrasi Ruang Perawatan
√ Isi biaya kamar/akomodasi otomatis
√ Isi DPJP
√ Isi Diagnosa Masuk
√ Isi Diagnosa Kerja
√ Isi Diagnosa Akhir (Primer Sekunder)
√ Isi Tindakan Ruang
√ Pindah kamar
√ Pindah ruang perawatan
√ Informasi biaya rawat inap
√ Informasi biaya penunjang
√ Informasi biaya perawatan
√ Informasi ruang perawatan
√ Informasi kamar terisi dan kamar kosong
√ Informasi detail pasien per kamar
√ Check out pasien
√ Batal check out

1. 3. Instalasi Bedah Sentral
√ Informasi Pasien
√ List data pasien IBS
√ Registrasi IBS
√ Isi tindakan IBS
√ Informasi biaya perawatan

1. 4. Instalasi Penunjang Medik (Laborat, Radiologi, Kamar Jenazah, Gizi dll)
√ Informasi Pasien
√ List data pasien Instalasi
√ Registrasi Instalasi
√ Isi tindakan Instalasi
√ Informasi biaya perawatan[/sstoggle]

C. Modul Integrasi INACBG’s

√ Informasi detil pasien BPJS
√ List pasien BPJS
√ Isi Grouper InaCBG’s
√ Isi Tarif INACBG’s setelah verifikasi
√ Isi Tarif INACBG’s naik kelas
√ Informasi rekap paket INACBG’s[/sstoggle]

D. Modul Billing & Kasir

√ List billing pasien rawat jalan
√ List billing pasien rawat inap
√ List billing pasien penunjang
√ List billing pasien BPJS
√ Penerimaan pembayaran biaya perawatan
√ Penerimaan pembayaran pembelian obat tunai
√ Penerimaan pembayaran selisih biaya pasien BPJS
√ Pengalihan tagihan perawatan
√ Entry selisih biaya perawatan pasien BPJS
√ Pemberian diskon biaya perawatan
√ Cetak kwitansi perawatan
√ Cetak tagihan perawatan
√ Cetak penerimaan cash biaya perawatan
√ Cetak pembayaran hutang
√ Informasi penerimaan cash
√ Cetak tagihan ke debitur/BPJS
√ Cetak pengalihan biaya perawatan
√ Cetak potongan biaya perawatan
√ Cetak subsidi/discount biaya perawatan[/sstoggle]

E. Modul Farmasi

√ Kebutuhan obat
√ Permintaan Pembelian obat
√ Penawaran
√ Order Pembelian
√ Penerimaan obat
√ Retur pembelian
√ Biaya perolehan
√ Penolakan barang
√ Penjualan obat
√ Retur penjualan obat
√ Update mutasi piutang
√ Mutasi pemakaian barang
√ Mutasi pemindahan barang
√ Mutasi penyesuaian
√ Stok obat
√ Laporan mutasi persediaan
√ Laporan hutang (Account payable)
√ Laporan piutang (Account receivable)
√ Laporan PPN
√ Laporan kebutuhan barang
√ Laporan PO & Price list
√ Laporan penerimaan barang
√ Laporan pemindahan barang
√ Laporan pengeluaran barang
√ Laporan penjualan barang
√ Laporan stok / persediaan[/sstoggle]

F. Modul Utility

Modifikasi data master :
√ Master Instalasi
√ Master Poliklinik
√ Master Ruang Perawatan
√ Master Kelas
√ Master tarif RS
√ Master Tarif INACBGs
√ Master Grouper
√ Master Dokter
√ Master perawat
√ Master ICD X
√ Master ICD IX
√ Master tindakan RS
√ Master Obat
√ Master Bebitur
√ Master wilayah Propinsi, Kabupaten, Kecamatan, Desa

√ Setting code RS
√ Menambah User ID
√ Menambah password
√ Merubah password
√ Menghapus password
√ Setting hak akses user
√ Modifikasi system value
√ Proses back up file
√ Kalender
√ Kalkulator
√ Jam
√ Data historis pasien
√ Rubah password user
√ Rubah hak akses user

G. Informasi Executive

√ Laporan Kunjungan Rawat Jalan
√ Laporan Kunjungan Rawat Inap
√ Laporan Kunjungan Instalasi Penunjang Medis
√ Laporan Kunjungan pasien per debitur
√ Laporan Pendapatan Per Instalasi
√ Laporan Pendapatan BPJS
√ Laporan Pendapatan Cash
√ Laporan Pendapatan Acrual
√ Laporan Pendapatan Jasa Pelayanan
√ Laporan Pendapatan AMHP
√ Informasi Ruang Perawatan
√ Informasi Kelas Perawatan terisi
√ Informasi Kunjungan per Poliklinik
√ Informasi pasien per ruang per kelas
√ Laporan delta negative/positive pasien BPJS

H. Rekam Electronik

√ List PasienRajal
√ List PasienRanap
√ List PasienBersama
√ Detail InformasiPasien
√ DIAGNOSA PASIEN MELIPUTI:
-DioagnosaMasuk
-DiagnosaUtama
-DiagnosaKerja
√ PenyebabRudaPaksa / Keracunan / KecelakaanPasien
√ MorfologiNeoplasma / P.A Pasien
√ JenisOperasi / TindakanPasien
√ ImunisasiPasien
√ RiwayatPenyakit&PemeriksaanFisik
√ PerjalananPenyakitPerintahDokterdanPengobatan
√ GrafikPasien
√ KematianPasien
√ CetakLembarKeluar&Masuk
√ CetakLembarSebabKematian
√ CetakLembarDokter, RiwayatPenyakitdanPengobatan
√ CetakPerjalananPenyakitPerintahDokterdanPengobatan
√ CetakGrafik
√ Setting KeadaanKeluarPasien
√ Setting Cara KeluarPasien

I. Administrator
I. 1. Referensi
√  Desa
√  Kecamatan
√ Kabupaten
√  Provinsi
√ Agama
√ Pendidikan
√ Pekerjaan
√  Modul
√ Group tindakan
√ Tindakan
I.2. Pelaksana
√  Pangkat
√  Profesi
√  Pelaksana
√  Dokter poliklinik
I.3. Instalasi/Kelas/poliklinik/ruang
√  Kelas
√  Debitur
√  Poliklinik
√  Ruang
√  Instalasi penunjang
√  Data icd
√  Importdata pasien
√  Importdata tindakan
I.4. Verifikator
√  Hapus tindakan
√  Hapus diagnosa
√  Hapus InaCBG
√  Hapus pasien
√  Informasi riwayat penghapusan data penting
√  Informasi riwayat perubahan data penting
I.5. Data pengguna
I.6. Pengaturan
√  Pengaturan umum
√  Pengaturan antrian registrasi
√  Pengaturan akomodasi khusus (rawat inap)
√  Pengaturan akomodasi tambahan (rawat inap)
√  Pengaturan fasilitas tambahan (rawat inap)
√  Pengaturan laboratorium
√  Pengaturan rumah sakit
√  Pengaturan INACBG’s
√ Pengaturan registrasi poliklinik/IGD/ranap
√ Mysqldumper application
I.7. Chating dengan user

SIMRS Terintegrasi BPJS Claim System

BPJS calim system – Software Aplikasi Bridging SIM RS dengan Software INA-CBGs

Cukup 3 langkah mudah untuk seluruh pasien dalam satu periode klaim:

* Import data pelayanan dari SIM RS

* Eksport data ke aplikasi klaim BPJS (INA -CBGs)

* Cek data hasil export pada aplikasi INA-CBGs Kemenkes

Dilengkapi dengan Fasilitas

# Import data pelayanan pasien

# Verifikasi data pasien

# Integrasi proses, grouper tarif dengan software INA-CBGs

# Setup ICD X

# Setup ICD XI

# Laporan klaim per pasien

# Laporan Rekap biaya pelayanan vs Tarip INA-CBGs

# Laporan Rekap Claim BPJS

# Rekap Claim BPJS – Rawat Inap

# Laporan Rekapitulasi Tarip per Pasien

# Laporan Jasa Medis & Paramedis ( Rumus distribusi, disesuaikan dengan formulasi renumerasi internal RS )

# Rekap Claim BPJS – Rawat Jalan

# Laporan Perbandingan SEP & Claim

# Laporan Individu Pasien

Untuk Melihat DEMO SIMRS secara online silahkan hubungi admin kami via telpon.

Dan bagi teman -teman yang berminat dari pihak Rumah Sakit atau instansi lain untuk melakukan sosialisasi SIMRS ditempat nya masing-masing atau di tempat kami,dengan senang hati kami siap membantu dengan syarat mengirimkan permintaan yang di tujukan kepada kami yaitu PT VIKOSHA PERDANA TEKNOLOGY alamat lihat di kontak kami secara resmi dengan kop surat,stempel dan tanda tangan direktur/wadir atau pejabat yang ditunjuk di instansi masing-masing.Terima Kasih